REPRODUKSI DIVISI SCHIZOPHYTA DAN THALLOPHYTA

 DIVISI SCHIZOPHYTA(TUMBUHAN BELAH)
                   Schizophyta (tumbuhan belah)berasal dari bahasa Latin schizere  atau Yunani schizein= membelah dan Phyton (Yunani)=Tumbuhan.divisi tumbuhan belah berkembang biak dengan cara membelah.tumbuhan ini dibagi dalam 2 kelas yaitu:

1.Bakteri (Bacteria atau Schizomycetes)

2.Gangang biru.ganggang belah,ganggang lendir

Perkembangbiakan Bakteri

                   Bakteri umumnya berkembang biak dengan cara vegetatif atau aseksual dengan membelah diri.setelah selesai pembelahan ,sel-sel anakan tetap bergandengan satu sama lain,kemudian terbentuklah koloni.bakteri  berkembang biak dengan cepat beberapa jenis bakteri dapat membelah setiap 20 menit.ada atau tidaknya  perkembangbiakan secara generatif atau seksual pada bakteri belum diketahui secara pasti.kelas pada bakteri memiliki 7 bangsa atau ordo,yaitu:Bangsa Pseudomonadalaes,Bangsa Chlamydobacteriales,Bangsa Eubacteriales,Bangsa
Actinomycetes,Bangsa Beggiatoales,Bangsa Myxobacteriales,Dan Bangsa Spirochaaetales. Ketujuh ordo ini memiliki cara perkembangbiakan yang sama yaitu secara vegetatif yaitu dengan membelah diri.

DIVISI THALLOPHYTA(TUMBUHAN TALUS)

                   Divisi ini memiliki ciri utama yaitu tubuh yang berbentuk talus,yaitu masih belum bisa dibedakan antara akar batang dan daun.perkembang biakan tumbuhan ini terjadi secara vegetatif atau aseksual maupun secara generatif  atau seksual.pembentukan spora dalam organ yang dinamakan sporangium,pada thallophyta spora itu merupakan  benar-benar alat reproduksi,yaitu sebagai calon-calon individu baru.perkembangbiakan seksual terjadi melalui peleburan gamet-gamet yang terbentuk dalam organ-organ yang disebut gametangium.sifat gamet dan gametangium yang berbeda menyebabkan perbedaan dalam terjadinya  peleburan sel kelamin.istilah yang bertaliandengan cara perkembangbiakan seksual pada tumbuhan talus misalnya: isogami,anisogami,gamrtangiogami,dan oogami mencerminkan adanya perbedaan tersebut.

divisi thallophyta dibedakan dalam 3 anak divisi yaitu:

1.Ganggang (Algae)

2.Cendawan atau jamur (Fungi)

3.Lumut Kerak (Lichenes)

Anak divisi : ALGAE (Tumbuhan ganggang)

                   Diantara tumbuhan ganggang  ada yang daur hidupnya memperlihatkan pergiliran keturunan(metagenesis).pada beberapa jenis ganggang gametofit dan sporofitny memiliki bentuk yang berbeda sesuai denga jenois ganggangnya,pada beberapa jenis alga gametofit bisa lebih kecil dari sporofit,tapi ada juga yang sporofitnya lebih besar daripada gametofitnya.jadi apabila gametofit lebih besar daripada sporofitnya  gametofit itulah yang disebut tumbuhan dan sebaliknya.

Anak divisi ganggang dapat dibedakan menjadi  7 kelas yaitu:

1.FLAGELLATA

2.DIATOMEAE

3.CHLOROPHYCEAE

4.CONJUGATAE

5.CHAROPHYCEAE

6.PHAEOPHYCEAE

7.RHODOPHYCEAE





1.Kelas Flagellata

                   Flagellata berkembangbiak atau memperbanyak diri dengan dua cara yaitu:

    Aseksual dengan membelah menurut poros bujur misal: Dunaliella
    Seksual dengan isogamet hanya pada beberapa golongan saja,  yaitu Volvocales & Dinoflagellata.

                   Beberapa jenis dapat mengeluarkan lendir, bulu cambuk lenyap, selnya membulat & dapat berkembang biak dengan cara aseksual.

                   Kelas flagellata memiliki 7 bangsa yaitu Bangsa Chrsomonadales,Bangsa Heterocchloridales,Bangsa Cryptomonadales,Bangsa Dinoflagellata,Bangsa Euglenales,Bangsa Protochloridales,Bangsa Volvocales.pada Bangsa Dinoflagellata  perkembangbiakannya secra Vegetatif , yaitu dengan cara  pembelahan sel yang bergerak  jikia sel mempunyai panser,maka selubung itu pecah.dapat juga protoplas membelah membujur,lalu keluarlah dua sel yang telanjang yang masing-masing lalu membuat panser lagi.,dan secara Seksual  dalam sel terbentuk 4 isogamet. Masing-masing dapat mengadakan perkawinan dengan isogamet dari individu lain.,kemudian Bangsa Volvocales yang berkembangbiak dengan  cara aseksual(pembelahan sel)dan seksual

2.Kelas Diatomeae

Kelas Diatomeae berkembang biak dengan 3 cara yaitu:
1.      Membelah,mula-mula  protoplasma membesar, tutup & wadahnya lepas padd ikat pinggangnya, lalu sel membelah masing-masing bagian pada dua sel anakan itu lalu membuat wadahnya,sehingga dari tiap pembelahan terjadi dua individu,yang satu sama dengan sel induk,yang kedua lebih kecil,yang kecil itu akan ikut membelah ,hingga nanti tercapai suatu minimum,sel lalu mati.

2.      Pembentukan auksospora, sebelum sel mencapai minimum, panser dilepaskan, protoplas tumbuh menjadi sebesar sel normal, kemudian membentuk panser lagi.

3.      Seksual melalui oogami, sel-sel dg reduksi membuat gamet yang haploid ( sel telur & spermatozoid) jadi sel-sel Diatomeae adalah diploid.

Kelas Diatomeae terbagi menjadi dua ordo yaitu ordo Centrales dan ordo Pennales.

·         Ordo Centrales berkembangbiak dengan seksual,suatu sel vegetatif mengadakan pembelahan reduksi sehingga terbentuk 4 inti yang haploid,tiga diantaranya binasa,hingga tinggal satu inti saja yang merupakan inti telur dan sel seluruhnya sekarang merupakan suatu oogonium.pada sel lainnya ke4 inti yang haploid itu tetap dan akhirnya dari suatu sel vegetatif terbentuk 4 spermatozoid,jadi dalam hal ini suatu sel vegetatif menjadi suatu anteridium.

·         Ordo Pennales berkembangbiak secara seksual berlangsung dengan isogami.dua sel vegetatif berdekatan,lalu mengeluarkan zat pektin dan lendir.masing-masing mengadakan pembelahan reduksi dan terbentuklah 4 inti haploid,kemudian keluar dua gamet,tiapb gamet memiliki 2 inti yang satu bisa mengadakan perkawinan,yang satu mengalami degradasi.dari gamet itu tidak terbentuk sel telur dan spermatozoid melaikan panser.

3 .Kelas Chlorophyceae (Ganggang Hijau)

Perkembangbiakan terjadi secara:

a.Seksual dengan membentuk zoospora yang berbentuk buah peer dengan 2-4 bulu cambuk tanpa rambut-rambut mengkilap pada ujungnya mempunyai 2 vakuola kontraktil dengan kloroplas dibagian bawah.

b.seksual dengan anisogami gamet jantan selalu bergerak bebas dan sangat menyerupai zoospora,gamet betina  kadang tidak bergerak,merupakan suatu oogonium.perkawinan terjadi karena adanya daya tarik yang bersifat kemotaksis.

Kelas Chlorophyceae tediri dari 6 bangsa yaitu,Bangsa Chlorococcales,Bangsa Ulotrichales,Bangsa Cladoporales,Bangsa Chaetoporales,Bangsa Oedogoniales,Bangsa Siphonales.

·         Bangsa Chlorococales berkembang biak dengan zoospora yang mempunyai dua bulu cambuk atau dengan spora yang tidak mempunyai bulu cambuk yang dinamakan aplanospora. Perkembangbiakan dengan isogami hanya terjadi pada marga Pediastrum dan Hydrodicton.

·         Bangsa Ulotrichales memperbanyak diri dengan pembelahan reduksi,gamet kawin dengan gamet dari koloni lain jadi koloni yang satu adalah (+)dan lain adalah (-) karena sama segala-galanya tidak dapat dibedakan yang mana jantan mana betina,zigot yang terjadi dinamakan Planozigot yang awalnya masih berenag dengan 4 bulu cambuk,kemudian membulat menarik ke bulu cambuk lalu m,embentul membran,kemudian zigot mengeluarkan 4 sel kembara yang dua tumbuh menjadi individu (+) dan yang lain (-) jadi Ulothrix adalah haploid.

·         Bangsa Cladophorales merupakan organisme yang memperlihatkan pergiliran keturunan,sporofitnya diploid,mengeluarkan zoospora yang mempunyai dua bulu cambuk,spora yang haploid tumbuh gametofit.

·         Bangsa Oedoginales perkembangbiakannya vegetatif dengan pembentukan zoospora  dangeneratif dengan oogami sel vegetatif pada suatu koloni membesar dan membentuk oogonium didalamnya terdapat satu sel telur,spermatozoid menyerupai zoospora,tetapi lebih kecil.pada perkecambahan ,dari zigot keluar 4 zoospora haploid yang masing-masing tumbuh menjadi individu baru.

·         Bangsa Siphonales perkembangbiakan aseksual dengan zoospora,dan generatif dengan oogami

4.Kelas Conjugatae (Ganggang Gandar)

     Perkembangbiakan gangang ini adalah secara generatif,dua gamet yang sama tidak mempunyai bulu cambuk bersatu menjadi zigot,setelah mengalami waktu istirahat zigot zigot melaukan pembelahan reduksi,kemudian berkecambah.kelas Conjugatae memiliki dua ordo yaitu Ordo Desmidiales dan Ordo Zygmatales .

·         Ordo Desmidiales berkembang biak dengan aseksual dan seksual,pada perkembangbiakan secara aseksual sel membagi di tengah-tengahnya dan masing- masing bagian menyempurnakan diri,sedangkan pada seksual dua sel berdekatan lalu menyelubungi diri dengan lendir,dinding sel terbukadan protoplas bersatu di saluran kopulasi terjadilah zigot dengan dinding berduri,pada perkecambahan terjadi pembelahan reduksi sehingga terbentuk 4 intidua kemudian mengalami degenarasi ,maka dari 1 zigot paling banyak hanya dapat tumbuh dua individu baru.

·         Ordo Zygnematales berkembangbiak dengan cara pembelahan sel secara vegetatif,peleburan kedua protoplas lalu membulat,karena kehilangan sedikit air mengecil dan menjadi zigot dengan beberapa lapis dinding berwarna coklat.

  5.Kelas Charophyceae

Pembiakan pada kelas ini terjadi secara seksual dengan oogami,oogonium diselubungi benang yang melingkar seperti spiral,anteridium bergandeng merupakan benang,yang berasal dari sel indukyang kemudian membelah menjadi 8 seldari setiap sel keluar spermatozoid berbentuk spiral.oogonium yang mula-mula hanya mengandung satu sel telur ,pad perkecambahan terjadi pembelahan reduksi dan terjadilah 4 inti haploid,dari 4 inti hanya 3 yang mengalami degenerasi,sampai pada akhirnya dari 1 zigot hanya tumbuh saatu tumbuhan baru saja.

Kelas Phaeophyceae terdiri dari  4 bangsa Yaitu Bangsa Phaeosporales,Bangsa Laminariales,Bangsa Dictyotales,Bangsa Fucales.

·         Bangsa Phaesporales perkembangbiakannya secar seksual dan aseksual.aseksual dengan zoospora yang terjadi karen adanya pembelahan reduksi pada sporangium terjadi pembelahan inti,dari zoospora tumbuh gametofit haploid.seksual dengan isogami  gametangium bersel  banyak pada tiap pembelahan  terjadi sekat sehingga terjadi gametangium yang membentuk isogamet,kopulasi isogamet menghasilkan zigot.

·         Bangsa Laminariales pada bangsa ini terjadi pergiliran keturunan yang beraturan.sporofit yang besar bersifat diploid berganti dengan gametofit jantan dan betina yang telah memperlihatkan perbedaan bentuk dan susunan,gametofit berasal dari zoospora gametofit betina  memiliki banyak cabang,sedangkan gamwtofit jantan terdiri dari sel sel yang besar.

·         Bangsa Dictyotales berkembangbiak dengan seksual dengan oogami,anteridium dan oogonium tersusun secara berkelompok1 oogonium satu sel telur,sporofit dan gametofit mengalami pergiliran keturunan dan isomorf.

6.Kelas Rhodophyceae

Kelas ini berkembang biak dengan cara aseksual  yaitu dengan pembentukan spora ,dapat pula secara seksual (oogami)baik spora maupun gametnya tidak mempunyai bulu cambukjadi tidak dapat bergerak aktif. Rhodophyceae di bagi menjadi dua anak kelas yaitu Bangieae dan florodeae.

·         Anak kelas Bangieae(Protoflorideae)
Pembiakan vegetatif dengan monospora yang dapat memperlihatkan gerakan ameboid,pembiakan seksual dengan oogamioogoniumberupa sel memiliki sedikit operbedaan dengan talus,anteridium menhasilkan spermatium,zigot dengan langsung  membuat spora atau mengadakan pembelahan baru mengeluarkan spora.

·         Anak kelas Floridae

Tiap anteridium menghasilkan satu gamet  jantan yang  disebut spermatozoid,gametangium betina dinamakan karpogonium pembuahan terjadi di bawah karpogoniumpada bidang samping zigot membentuk sel yang disebut benang sporogendari spora terbentuk satu inti dan satu plastida dinamakan karpospora,karpospora berkecambah menjadi protalium yang kemudian menjadi individu baru.

·         Anak kelas floridae terbagi m,enjadi 5 ordo yaitu bangsa nemationales,bangsa gelidiales,bangsa gigartinales,bangsa nemastomales,bangsa ceramiales.

Anak divisi Lichenes

Kebanyakan Lichenes berkembang biak secara vegetatif ,karena sebagian talus terpisah lalu tumbuh menjadi individu baru.pada beberapa Lichenesperkembangbiakan dengan soredium yaitu kelompok kecil sel-sel ganggang yang sedang membelahdan diselubungi benang miselium menjadi suatu badan  yang terlepas dari induknya.Lichenes terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas Ascolichenes dan kelas Basidodichenes.

Pada kelas Ascolichenes perkembangbiakan tergabtubg dari  cendawan yang menyusunnya,sedangkan untuk kelas Basidodichenes pembiakannya terjadi secara seksual tapi hanya terbatas pada cendawannya saja.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment